Kamis, 20 Desember 2007

File Transfer Protocol

FTP (File Transfer Protocol) merupakan salah satu fasilitas yang berguna untuk mentransfer data dari server salah satu host yang Anda masuki ke dalam komputer local (download) dan sebaliknya (upload). Sebagian server FTP mensyaratkan Anda memiliki login dan password untuk dapat mengakses ke dalamnya, tetapi ada juga yang tidak mensyaratkan demikian. Server FTP ini disebut Server FTP Public atau Anonymous FTP, anda dapat menggunakan anonymous untuk login dan alamat email Anda untuk passwordnya.openPerintah open digunakan untuk memasuki server FTP salah satu host. Cara penggunaannya adalah :
ftp> open ftp.ukdw.ac.id
Connected to ns1.ukdw.ac.id.
220 ns1.ukdw.ac.id FTP server (Version wu-2.4.2-academ[BETA-15](1) Fri
Oct 17 17:07:33
PDT 1997) ready.
User (ns1.ukdw.ac.id:(none)): anonymous
331 Guest login ok, send your complete e-mail address as password.
Password:Setelah memasuki server FTP, anda akan diminta untuk memasukan login dan password.
dir/lsPerintah ini digunakan untuk melihat isi dari direktori. Perbedaan antara ls dan dir adalah jika menggunakan perintah ls isi direktori yang ditampilkan tidak lengkap (kecuali Anda menyertakan option -l) dan perintah dir akan menampilkan isi direktori yang lengkap dengan besar file, tanggal modifikasi dan lain-lain.
ftp> ls –l
200 PORT command successful.
150 Opening ASCII mode data connection for /bin/ls.
total 24
dr-xr-xr-x 7 ftp operator 512 Feb 6 10:06 FreeBSD
dr-xr-xr-x 4 ftp operator 1024 Mar 18 10:30 cdrom
dr-xr-xr-x 6 ftp operator 512 Mar 4 12:09 emulators
dr-xr-xr-x 2 ftp operator 512 Feb 6 10:08 fp98
dr-xr-xr-x 2 ftp operator 512 Dec 11 07:04 gis
dr-xr-xr-x 2 ftp operator 512 Dec 13 05:57 glimpse
dr-xr-xr-x 2 ftp operator 1536 Jan 10 03:43 mp3
dr-xr-xr-x 7 ftp operator 512 Dec 2 06:04 quickcam
dr-xr-xr-x 2 ftp operator 512 Dec 10 08:26 socks5
dr-xr-xr-x 5 ftp operator 512 Nov 25 19:05 viruscan
dr-xr-xr-x 4 ftp operator 512 Nov 25 17:49 windows
226 Transfer complete.
616 bytes received in 0.00 seconds (616000.00 Kbytes/sec)
cdPerintah ini sama fungsinya seperti di dalam DOS, yang berfungsi untuk berpindah direktori di dalam server FTP. Biasanya file-file yang dapat di-download untuk anonymous FTP diletakkan dalam direktori pub.
ftp> cd pub/windows
250 CWD command successful.
mkdirPerintah ini digunakan untuk membuat suatu direktori. Tetapi jika anda mengakses anonymous FTP, maka anda tidak dapat membuat direktori di dalam server tersebut, jika hak akses direktorinya rwxr-xr-x. Namun ada beberapa FTP server yang memperbolehkan anonymous user untuk membuat direktori, biasanya direktori ini dinamakan incoming.
lcdPerintah ini digunakan untuk mengeset direktori pada komputer local anda. Perintah ini menentukan di mana file yang Anda download (get) atau file yang akan Anda upload (put) berada.
ftp> lcd \windows\desktop
Local directory now C:\windows\Desktop
ascii dan binary
Mode ascii digunakan jika anda akan men-download atau meng-upload file yang bermode teks. Jika selain mode teks seperti file terkompresi (.zip), program (.exe), atau file-file lain yang bukan bermode teks gunakan mode binary.
ftp> ascii
200 Type set to A.
ftp> binary
200 Type set to I.
hashPerintah hash berguna untuk mengetahui jalannya proses transfer file dari/ke server FTP dengan diberi tanda #. Setiap tanda # bernilai 2048 byte (untuk FTP client Windows 95) atau 1024 byte (untuk FTP client pada UNIX). Dengan demikian dapat diperkirakan status download/upload yang sedang dilakukan, telah mencapai berapa byte (dapat dipantau dengan menghitung tanda # per baris, satu baris=80 kolom -> 80 * 1024 byte atau 80 * 2048 byte per baris). Sebenarnya tanpa perintah hash, proses transfer file dapat berjalan tetapi kita tidak dapat mengetahui apakah transfer data itu masih berjalan atau tidak.
ftp> hash
Hash mark printing On (2048 bytes/hash mark).
promptPerintah ini berguna jika Anda yakin pada saat Anda menggunakan mget atau mput, Anda tidak ingin diminta konfirmasi satu per satu file yang akan di-download/di-upload. Perintah prompt bersifat toggle, dia akan mengatur setting on atau off sesuai keadaan sekarang.
put dan mput
Perintah ini digunakan untuk mentransfer file dari komputer local ke server FTP (upload). Perbedaan put dan mput adalah jika menggunakan perintah put maka file yang dikirim hanya satu file saja. Untuk mentransfer file lebih dari satu secara langsung maka gunakan perintah mput.get dan mget
Perintah ini digunakan untuk mengambil file dari server FTP ke komputer local (download). Perbedaannya antara get dan mget adalah jika perintah get digunakan maka file yang diambil hanya berjumlah satu file saja, sedangkan dengan perintah mget dapat diambil file berjumlah lebih dari satu secara langsung.
close, quit, dan bye
Perintah close digunakan untuk menutup server FTP yang aktif sehingga Anda dapat berpindah ke server FTP lain (dengan perintah open). Dan perintah quit atau bye untuk menutup server FTP yang aktif sekaligus keluar dari program FTP.
! (tanda seru)
Perintah ini digunakan untuk membuka editor DOS Prompt. Ini berguna jika anda ingin melihat apakah file yang anda download telah masuk ke dalam komputer local atau belum.
Sebenarnya masih banyak perintah-perintah FTP yang lainnya tetapi yang dijelaskan di atas merupakan perintah umum yang sering digunakan dalam FTP. Untuk mengetahui perintah-perintah lain Anda dapat menuliskan help atau tanda tanya (?). Dan untuk mengetahui kegunaan setiap perintah Anda dapat menuliskan help atau tanda tanya (?) di depan perintah FTP yang ingin Anda ketahui kegunaannya. Selamat mencoba.


di ambil dari
http://mrlans.blogspot.com/2005/11/file-transfer-protocol.html

Tidak ada komentar: